Resep Membuat Pindang Ikan Patin. Lihat juga resep Pindang ikan patin (khas palembang) enak lainnya. Hidangan ikan dari palembang yang juga lezat selain pempek adalah pindang patin. Sajian kuah berbumbu kuning ini menjadi favorit keluarga, karena tekstur daging ikan patin yang lembut tanpa serat semakin lezat dengan gurihnya kuah bumbu kuning.

Pindang Ikan Patin Setelah air mendidih, masukkan ikan patin, tomat, dan cabe rawit utuh. Masak sampai ikan matang, lalu tambahkan garam dan kecap. Sebetulnya Pindang ala Palembang cukup variatif, tetapi yang paling terkenal adalah Pindang Patin. Kamu bisa membuat Pindang Ikan Patin menggunakan 16 bahan dan cara membuat 5. Berikut ini adalah cara membuat nya.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Pindang Ikan Patin

  1. Persiapkan 200 gr dari patin.
  2. Persiapkan seiris dari nanas.
  3. Tambahkan 1 buah dari tomat kecil.
  4. Campurkan 1 tangkai dari serai geprek.
  5. Tambahkan 1 cm dari jahe.
  6. Persiapkan 2 cm dari lengkuas.
  7. Tambahkan 2 lembar dari daun jeruk purut.
  8. Tambahkan 1/2 sdt dari lada.
  9. Persiapkan secukupnya dari air, gula, garam, kaldu (sy pakai kaldu jamur nonmsg).
  10. Persiapkan 1 buah dari jeruk nipis.
  11. Tambahkan secukupnya dari minyak goreng.
  12. Tambahkan dari Bahan Halus.
  13. Persiapkan 6 siung dari bawang merah.
  14. Tambahkan 3 siung dari bawang putih.
  15. Campurkan 1/2 sdt dari ketumbar.
  16. Persiapkan 1 cm dari kunyit.

Disamping menu utamanya yang memang termasuk ikan lezat, Pindang Patin Palembang juga memiliki rasa bumbu yang sangat berkesan. Terutama pada kuahnya, dijamin bikin ketagihan. Nah, ketika sepanci pindang ikan patin ini saya bawa ke kantor keesokan harinya, rekan-rekan saya di kantor mengatakan rasanya lezat dan tidak berbau. Hmm , jadi mungkin proses membersihkan ikan dan memasaknya yang saya sertakan di bawah cukup berhasil jika anda berminat untuk menghadirkan ikan patin di meja makan di rumah.

Cara Cara Membuat Pindang Ikan Patin

  1. Cuci ikan patin lalu beri perasan jeruk nipis diamkan kurleb 15 menit.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum lalu masukkan serai, daun jeruk, jahe, dan lengkuas.
  3. Tambahkan air secukupnya, masukkan ikan patin, tambahkan lada gula dan garam, masak hingga setengah matang.
  4. Lalu masukkan nanas dan tomat. Tambahkan air jika dirasa kurang. Masak hingga ikan patin matang..
  5. Cek rasa dan sajikan ๐Ÿ˜Š.

Pindang Palembang bukanlah pindang yang dikenal sebagai cara sederhana mengawetkan ikan dengan perebusan dan penggaraman, tetapi merupakan masakan dengan kuah yang sedap nan segar dimasak bersama aneka bumbu rempah. Selain daging atau tulang iga, ikan patin juga termasuk di antara bahan yang sering digunakan. Karena pindang patin ini menggunakan jenis ikan yang istimewa, maka cukup melumurkan dahulu perasan jeruk nipis agar ikan lebih segar dan kemudian olah bumbu-bumbu halus khas Indonesia. Paduan harmonis antara bawang, cabai, dan rempah lokal kemudian dimasak hingga wangi dan matang. Selain Sup Pindang Tulang, Palembang juga punya sajian sup yang sangat populer yaitu Pindang Ikan Patin. Demikian lah tutorial Resep Membuat Pindang Ikan Patin.